Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Bepergian Naik Bus Jarak Jauh Antar Kota Antar Provinsi

Bus.hakameru.com - Saat hendak pergi ke suatu tempat tentu akan diputuskan moda trasnsportasi mana yang akan digunakan. Jika bus yang akan digunakan sebagai sarana transportasinya maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aman dan nyaman di perjalanan nantinya.

Tips naik bus

Ada beberapa tips untuk melakukan perjalanan menggunakan bus. Apa saja? Hakameru Bus akan mengulasnya pada uraian di bawah ini.

1. Pesan tiket jauh hari

Ada baiknya tiket dipesan jauh hari. Alasan tiket dipesan jauh hari adalah agar dapat dipastikan keberangkatannya. Jika tiket dibeli dadakan seperti tahu bulat, eh bukan ya, jika tiba-tiba datang ke terminal atau agen maka dikhawatirkan sudah tidak ada lagi kursi kosong yang tersedia.

Jika pun masih ada kursi kosong juga dikhawatirkan jumlah kursinya tidak sesuai dengan jumlah orang yang akan berangkat misalkan yang akan berangkat adalah 5 orang sedangkan sisa kursi yang ada hanya dua kursi.

Untuk pemesanan tiket kini cukup mudah. Perusahaan PO bus telah bekerja sama dengan aplikasi tiket online bahkan ada bus yang secara mandiri sudah memiliki sistem tiketing online realtime.

Tips bepergian naik bus - Bus.hakameru.com
Tips bepergian naik bus - Bus.hakameru.com

Anda juga dapat memilih waktu keberangkatan apakah akan berangkat pada angkatan pagi atau angkatan reguler yang biasanya berangkat pada sore dan malam hari. Sebagai informasi, dahulu pada umumnya bus berangkat mulai siang hingga malam hari namun setelah adanya tol seperti tol trans Jawa ada beberapa perusahaan otobus yang memberangkatkan bus pada pagi hari. 

2. Sesuaikan budget dengan kelas bus

Pada bus terdapat beberapa kelas di mana tiap kelas berbeda harganya sesuai dengan pelayanan dan jumlah kursi. Adapun kelasnya mulai dari yang terendah adalah sebagai berikut

  • Patas AC ekonomi non toilet (Jumlah kursi 3 kanan 2 kiri, atau 2 kanan dan 2 kiri)
  • Patas AC toilet (Jumlah kursi 2 kanan dan 2 kiri)
  • VIP (Jumlah kursi 2 kanan dan 2 kiri)
  • Executive (Jumlah kursi 2 kanan dan 2 kiri)
  • Super Executive, Super Top, atau Big Top (Jumlah kursi 2 kanan dan 1 kiri)
  • Sleeper (kelas ini ada yang khusus di satu armada bus menggunakan kursi rebahan (non bus tingkat) dan ada juga yang terdapat beberapa kursi sleeper di bus double decker atau bus tingkat

Makin tinggi kelas biasanya jumlah kursinya makin jarang yang menyebabkan ruang penumpang makin luas dan longgar.

3. Pilih letak kursi yang nyaman

Saat memesan tiket, pilih letak kursi yang nyaman menurut Anda. Apakah di depan atau kursi hot seat, di bagian pinggir dekat jendela, di bagian tengah untuk posisi kursi 1-1-1, atau pilih kursi bus yang letaknya dekat dengan rest room yaitu dekat dengan toilet dan smoking area.

Jika Anda memiliki sensitifitas terhadap ayunan bus atau lebih tepatnya terhadap bantingan suspensi bus sebaiknya bisa juga untuk menghindari memilih kursi yang letaknya tepat diatas roda bus.

4. Membawa jaket

Bus antar kota antar provinsi atau yang dikenal dengan bus AKAP saat ini hampir semuanya sudah terpasang AC atau pendingin udara. Selain membuat nyaman pada siang hari karena panas matahari tidak akan terasa saat berada di dalam bus namun dengan adanya AC akan membuat suhu udara pada malam hari makin terasa dingin. 

Untuk tetap menjaga badan tetap hangat maka sebaiknya Anda membawa dan memakai jaket, sweater atau hoodie terlebih pada saat pandemi ada beberapa perusahaan PO bus yang sementara tidak menyediakan bantal dan selimut untuk menjaga penyebaran virus.

5. Menyiapkan obat anti mabuk

Jika Anda atau ada anggota keluarga Anda yang mengalami mabuk perjalanan maka sebaiknya siapkan obat anti mabuk perjalanan yang dapat diminum sebelum berangkat.

Sebaiknya siapkan stok lebih obat anti mabuk perjalanan untuk berjaga-jaga selama perjalanan hingga perjalanan pulang.

6. Pisahkan barang berharga

Tips naik bus - Bus.hakameru.com
Tips naik bus, pisahkan barang berharga di tas yang berbeda - Bus.hakameru.com

Jika Anda bepergian seorang diri maka sebaiknya Anda menggunakan dua tas yang berbeda di mana satu tas untuk pakaian dan lainnya dan yang satu tas lagi untuk barang berharga Anda seperti dompet, ATM, handphone, dll. Barang berharga dapat Anda pisahkan di tas selempang, tas pinggang, atau tas sejenis lainnya.

7. Jaga barang bawaan

Saat Anda tidur dalam perjalanan jaga selalu barang bawaan Anda jangan sampai dicuri oleh copet yang menyamar menjadi penumpang.

Anda dapat meletakkan tas yang berisi barang berharga yang letaknya dekat dengan Anda dan mudah diawasi bahkan jika ada gerakan pada tas Anda saat Anda sedang tidur, Anda dapat langsung mengetahui bahwa ada orang yang mencoba mengambil tas Anda.

8. Bawa barang berharga saat istirahat turun dari bus

Saat bus masuk area rumah makan atau rest area dan Anda turun dari bus, jangan tingalkan barang berharga di dalam bus. Sebaiknya tetap bawa tas Anda yang berisi barang berharga yang sudah Anda pisahkan tersebut.

9. Pisahkan uang menjadi beberapa bagian

Baiknya pisahkan juga uang Anda dan simpan uang Anda di beberapa bagian misal di kantong, di tas utama, di tas selempang dan lainnya.

Hal ini untuk berjaga-jaga jika Anda terkena musibah uang Anda hilang atau jatuh maka Anda masih memiliki uang cadangan yang masih Anda simpan di tempat lain. 

10. Bawa dan pakai masker

Di masa pandemi tentu wajib menggunakan masker namun di luar wabah atau pendemi sebaiknya saat bepergian dengan bus masker tetap digunakan.

Penggunaan masker diluar masa pendemi sebenarnya disarankan sebagai penutup mulut untuk menutup mulut yang terbuka saat tidur selama perjalanan di dalam bus.

11. Datang lebih awal

Pada hari pemberangkatan, datanglah lebih awal untuk berjaga-jaga dari ketinggalan bus atau keterlambatan Anda akan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman karena yang seharusnya bus sudah jalan namun masih harus menunggu penumpang yang datang terlambat.

12. Siapkan uang pecahan kecil

Sebaiknya siapkan uang receh atau uang kecil selama perjalanan untuk memudahkan Anda bertransaksi ketika Anda membeli sesuatu atau saat Anda pergi ke kamar kecil di rest area.

Demikian tips naik bus antar kota antar provinsi. Semoga bermanfaat dan semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Posting Komentar untuk "12 Tips Bepergian Naik Bus Jarak Jauh Antar Kota Antar Provinsi"

Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id