Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Mesin Bus Tetap Hidup Menyala Tidak Mati Saat Isi Solar Di SPBU

Bus.hakameru.com - Kita semua tentu pernah naik bus. Nah Saat mengisi BBM atau bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) jika diperhatikan mesin bus tetap dibiarkan menyala saat mengisi bahan bakar. 

Mengapa mesin bus tetap hidup dan tidak dimatikan oleh kru saat mengisi solar walau sudah ada himbauan, stiker, dan papan peringatan di SPBU untuk mematikan mesin saat proses pengisian bahan bakar?

Mesin bis tetap hidup saat isi solar

Berikut Bus.hakameru.com akan jabarkan beberapa poin penjelasan mengapa crew atau driver bus tidak mematikan mesin pada saat mengisi bahan bakar

1. Solar tidak mudah terbakar

Bus (dan juga truk) bermesin diesel tidak menggunakan bahan bakar bensin tetapi menggunakan bahan bakar solar.

Solar hanya akan dapat terbakar di ruang mesin dengan kompresi yang juga bersuhu tinggi. Ini tentu sangat berbeda dengan bahan bakar bensin yang amat mudah terbakar tanpa pemicu seperti memerlukan tekanan dan suhu yang tinggi.
Mengapa saat isi bbm bahan bakar solar mesin bus tetap hidup menyala tidak dimatikan - Bus.hakameru.com
Mengapa saat isi BBM bahan bakar solar mesin bus tetap hidup menyala dan tidak dimatikan - Bus.hakameru.com

2. Untuk kenyamanan penumpang

Bus pada umumnya dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara atau AC di dalamnya. Mesin bus tetap hidup saat proses pengisian bahan bakar di SPBU bertujuan agar mesin kompresor AC tetap bekerja sebab kompresor AC membutuhkan tenaga dari mesin bus untuk menggerakannya.

Apa dampaknya jika mesin bus dimatikan saat mengisi solar? Jika mesin bus dimatikan maka AC juga akan ikut mati alias tidak berfungsi yang akan menyebabkan penumpang sangat tidak nyaman berada di dalam bus karena merasa kepanasan atau kegerahan.

3. Untuk keamanan dan keselamatan bus dalam perjalanan

Sistem pengereman bus menggunakan air break (rem angin) yaitu udara yang memiliki tekanan untuk melakukan proses pengereman.

Mesin bus tetap hidup saat pengisian bahan bakar adalah bertujuan mengaktifkan kompresor untuk menjaga tekanan udara dalam sistem pengereman bus tetap berkerja dan berfungsi.

4. Agar mesin bus lebih awet

Jika mesin bus sering dimati hidupkan dalam jangka waktu yang pendek seperti misalnya mesin dimatikan saat akan mengisi solar dan setelah selesai mengisi bahan bakar mesin bus langsung dinyalakan kembali maka mesin bus sangat rawan mengalami kerusakan sebab mesin bus menggunakan turbo diesel.

Dengan pertimbangan tersebut di atas maka saat mengisi bahan bakar solar mesin bus tidak dimatikan dan tetap hidup menyala.


Source: YouTube ARF BUS INFO "4 Alasan Bus Tidak Mematikan Mesin Saat Mengisi BBM Solar"

Posting Komentar untuk "4 Alasan Mesin Bus Tetap Hidup Menyala Tidak Mati Saat Isi Solar Di SPBU"

Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Dukung Bus.hakameru.com dalam membuat artikel atau konten yang bermanfaat dengan mengklik tombol di bawah ini. Terima kasih
Beri donasi atau traktiran via sociabuzz