Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Kursi Bus Lebih Banyak Di Kanan Daripada Di Sisi Kiri

Bus.hakameru.com - Bus berperan sebagai sarana transportasi umum yang mampu membawa banyak penumpang dalam sekali jalan. Banyaknya jumlah penumpang yang dapat diangkut sebuah bus tergantung dari kelas dan tipe konfigurasi kursi yang digunakan oleh armada bus.

Umumnya di Indonesia kelas bus dibagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari yang terendah yaitu
  • Kelas ekonomi (3 kursi kanan, 2 kursi kiri)
  • Kelas patas (2 kursi kanan, 2 kursi kiri)
  • Kelas VIP (2 kursi kanan, 2 kursi kiri)
  • Kelas super executive (2 kursi kanan, 2 kursi kiri)
  • Kelas super executive, super top, atau big top (2 kursi kanan, 1 kursi kiri)

Susunan atau konfigurasi kursi bus

Di negara kita susunan seat bus lebih banyak di sisi kanan daripada di sebelah kiri. Ternyata hal itu bukan hanya soal penataan tetapi ada maksud dan alasan teknis di baliknya.

Kali ini Bus.hakameru.com akan membahas mengapa kursi seat bus lebih sedikit di sebelah kiri dan lebih banyak di sebelah kanan untuk jumlah kursi 3 kanan 2 kiri dan 2 kanan 1 kiri.

1.  Berpengaruh pada jumlah penumpang

Susunan kursi yang lebih sedikit di sebelah kiri berkaitan juga dengan jumlah penumpang yang dapat diangkut. Jika konfigurasi kursi lebih banyak di kiri misalkan kanan 2 dan kiri 3 maka total kursi secara keseluruhan akan menjadi berkurang atau menjadi sedikit karena berkurang jumlahnya satu kursi.
Alasan kenapa kursi bus lebih banyak di sebelah kanan daripada kiri - Bus.hakameru.com
Alasan kenapa kursi bus lebih sedikit di kiri daripada di sebelah kanan - Bus.hakameru.com
Penyebabnya adalah baris kursi yang sejajar dengan pintu belakang jumlahnya menjadi tidak maksimal karena kursi di sebelah kanannya yang harusnya ada 3 kursi kini hanya ada dua kursi saja. Jika dipasang secara normal dengan setingan kursi 3 kanan 2 kiri maka kursi di bagian kanan akan tetap jumlahnya 3 kursi.

Posisi kursi kanan 2 dan 3 kiri kelihatannya sepele karena hanya menyebabkan berkurangnya satu kursi tapi jika dihitung dari harga tiket maka satu kursi tersebut berpengaruh pada pendapatan PO bus tersebut.

2. Membuat bus lebih stabil

Susunan seat 3-2 yang lebih banyak di sebelah kanan akan membuat bus lebih berat di kanan tetapi hal tersebut tidak bermasalah karena kontur jalan raya umumnya adalah tinggi pada bagian tengah.

Dengan kontur jalan yang lebih tinggi pada bagian tengah maka membuat bus menjadi miring ke kiri namun dengan adanya susunan kursi 3 di sebelah kanan maka akan membuat bus lebih stabil.

Sebagai informasi, jalan dibuat cembung lebih tinggi bagian tengah agar jika ada air atau air hujan, maka air tersebut akan turun ke sisi jalan dan tidak menggenang di bagian tengah jalan.

3. Mempermudah mobilitas penumpang

Lebih banyaknya jumlah kursi di sebelah kanan gunanya adalah agar lorong yang ada di antara kursi 3-2 atau 2-1 tersebut lebih dekat ke pintu yang ada di sebelah kiri bus.

Dengan dekatnya lorong atau gang di antara susunan kursi tersebut maka akan memudahkan penumpang mengakses pintu keluar untuk keluar dan masuk bus.

Bayangkan jika kebalikannya di mana jumlah kursi yang lebih banyak ada di sebelah kiri tentu kita sebagai penumpang akan kesulitan untuk menjangkau lebih cepat pintu keluar yang ada di sebelah kiri bus bukan?


Source: YouTube ARF BUS INFO "Alasan Susunan Kursi Bus Lebih Banyak Disebelah KANAN"

Posting Komentar untuk "3 Alasan Kursi Bus Lebih Banyak Di Kanan Daripada Di Sisi Kiri"

Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id